. My Home: Balada anak angkat

Sabtu, 08 Januari 2011

Balada anak angkat

Di perayaan ulangtahunnya yang ke-17, alih-alih merasa bahagia Yoga justru shok berat setelah mengetahui dirinya bukan anak kandung orang tuanya, melainkan ia diadopsi saat baru berusia dua bulan.
Meski kedua orang tua berusaha meyakinkan Yoga bahwa cinta mereka tidak akan berubah, ia tetap sedih lantaran merasa statusnya sebagai “anak” tak lagi sempurna. Benarkah demikian?

Guys, sejatinya Alkitab juga mencatat kisah tokoh-tokoh yang kebetulan sama seperti Yoga, sama-sama anak angkat. Salah satunya adalah Musa. Putra Ibrani yang terpaksa disembunyikan karena terancam dibunuh oleh Raja Firaun. Dalam persembunyiannya, tanpa sengaja Musa ditemukan oleh Putri Firaun yang kemudian mengangkatnya menjadi anak. 

Apakah Musa bahagia menjadi anak angkat Putri Firaun? Meski Akitab tidak mencatat apa yang dirasakan Musa saat menjadi anak angkat, yang jelas ia diperlakukan sama dengan putra-putri kandung Firaun lainnya; ia tinggal di istana raja, tidak perlu melakukan kerja paksa seperti saudara-saudara sebangsanya; mendapat pendidikan yang layak, sebagaimana laiknya orang Mesir. Dengan kata lain, hidup Musa selama menjadi anak angkat Putri Firaun, tidak kekurangan sesuatu apa pun.

Atau, kamu mungkin pernah mendengar nama Nichole Richie, anak dari penyanyi kondang Lionel Richie. Kalau kamu lihat perawakan mereka, tentu kamu bingung lantaran keduanya sama sekali tidak memiliki kemiripan fisik sebagai ayah-anak. Meski demikian, Lionel Richie benar-benar memanjakan Nicole bagai anak kandung sendiri. 

Sebetulnya, banyak juga anak yang “dibuang” oleh orang tua kandungnya. Ya, seperti yang dilakukan oleh Debbie Rowe—mantan istri mendiang Michael Jackson—terhadap putra dan putrinya, Prince Michael dan Paris Katherine.Syahdan, saat proses perceraian tengah bergulir di pengadilan, Debbie meminta agar hak asuh anak dilimpahkan saja ke ayahnya. Itu karena Debbie merasa bahwa ia “sekadar” melahirkan anak-anak tersebut, tanpa dilandasi niat untuk menjadi seorang ibu. Can you imagine that?!

Ismael, anak Abraham dari Hagar, juga adalah kisah nyata di mana seorang anak diusir oleh ayah kandungnya sendiri. Alkisah, Sara yang tak kunjung mendapat anak mulai kehilangan kesabaran dan bertindak bodoh dengan meminta Abraham menghampiri hambanya, Hagar, hingga membuahkan anak bernama Ismael. Saat Sara melahirkan Ishak, dan keduanya—Ismael dan Ishak— semakin besar, maka Sara meminta Abraham untuk mengusir Harga dan Ismael.

Guys, ini bukti bahwa tak selamanya anak kandung diperlakukan dengan baik oleh orang tua, atau sebaliknya anak angkat tidak diperlakukan dengan semestinya.
Jika kebetulan kamu adalah anak angkat dalam keluarga, kamu harus meyakini bahwa kamu adalah anugerah Tuhan bagi keluarga di mana kamu ditempatkan. 

Dan, jangan pernah merasa sakit hati atas keputusan orang tua kandungmu untuk meninggalkan kamu, sengaja maupun tidak. Sebab, jika kebetulan orang tua kandungmu sudah meninggal, maka itu adalah bagian dari rencana Tuhan yang indah untuk kehidupanmu. Tapi, jikalau karena berbagai alasan orang tuamu dengan sengaja mengabaikanmu, ingatlah bahwa kita memiliki Bapa yang baik di surga, yang tak akan mengabaikanmu sekalipun ayah dan ibumu meninggalkan engkau. (Mazmur 27:10)

Readmore...

1 komentar:

aryo mengatakan...

Kita adalah anak Allah...
kita berharga dimataNya...